CARA KLONING INSTAL CEPAT WINDOWS XP episode 2


Saya akan Melanjutkan posting kemarin berjudul Cara Kloning Install Ulang Cepat Windows Xp episode  1 yang bersumber dari http://ayomaju.com/, kali ini akan membahas lebih lanjut pada penerapan dari CD yang berisi kloning dari partisi Hard Disk berisi instalasi windows yang masih segar.

OK langsung saja deh kita mulai tips komputer kali ini ke bagian langkah-langkahnya

Membuat Start-up Disk

Kita butuh disket start-up agar hasil image berupa file GHO bisa dipakai ketika kita hendak “meng-install ulang” sistem operasi. Start-up disk itu berupa dua disket floppy 1,44 MB. Disket pertama kita sebut “disket A”, sedangkan disket kedua kita sebut dengan “disket B”.
  1. Jalankan Norton Ghost dan klik Ghost Utilities
  2. Norton Ghost boot wizard  
  3. CD/DVD startup disk with ghost
  4. Next  
  5. Use PC-DOS
  6. Next
  7. Next
  8. Next
  9. Next  
  10. OK.
  11. Masukkan disket kosong untuk dijadikan CD/DVD start-up. Tekan Start untuk melakukan format disket, setelah itu tekan Close.
Selanjutnya disket akan dijadikan start-up disk. Ketika konfirmasi untuk memasukkan disket kedua muncul, keluarkan disket A dan masukkan disket B. Tekan Start untuk melakukan format dan tekan Close. Tunggu sampai proses selesai, lalu tekan Finish untuk mengakhiri.

Kini Anda telah memiliki 2 disket startup disk. Disket ini yang akan digunakan untuk booting pertama kali. Perlu diperhatikan bahwa kedua disket itu saling berhubungan satu sama lain. Disket A tidak dapat berjalan tanpa adanya disket B, begitu juga sebaliknya. Disket B tidak dapat berjalan tanpa adanya disket A.

Cara Melakukan Instalasi

Sesungguhnya kita tidak meng-install sistem operasi. Tetapi, hanya menyalin sistem operasi yang pernah kita install sebelumnya. Yang akan kita lakukan adalah kloning dari CD ke harddisk.

Pada BIOS, aturlah agar boot dilakukan dari disket floppy. Masukkan disket A pada floppy drive. Ikuti petunjuk yang ada pada monitor, jika Anda disuruh memasukkan disket B, maka masukkan disket B. Anda diminta untuk memasukkan disket A kembali dan tekan Enter, dan yang terakhir Anda diminta kembali untuk memasukkan disket B.

Kini Anda telah memasuki Norton Ghost.

Untuk melakukan kloning dari CD ke harddisk, pilih Local > Partition > from image. Arahkan pada CD-ROM yang berisi file GHO, lalu tekan Open. Pada “Select source partition from image file”, klik OK. Lalu pada “Select local destination drive by clicking on the drive number”, klik OK. Pilih drive yang akan dikloning, pilih drive C, tekan OK dan tekan Yes.

Kloning akan berjalan sampai mencapai 100 persen. Tekan Reset computer untuk restart. Keluarkan disket dari floppy drive dan aturlah pada BIOS Anda agar melakukan booting pertama dari hard disk.

Nah bagaimana? berhasil kan? dan proses instalasinya menjadi cepat, cocok untuk Anda yang jualan komputer "kanibalan"…   Makanya hati-hati bagi calon pembeli PC atau Laptop dari Toko, hendaknya diinstal ulang lagi di rumah agar hasilnya lebih optimal.



Baca yang ini juga ya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eggroll Waluh khas Cepu

Materi Diskusi Hukum Tata Negara

PENGGUNAAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI