NASI RAWON KHAS BLORA



BLORA - Mencari menu makan siang yang menggugah selera di Blora bukanlah sesuatu yang sulit. Beragam menu pilihan ditawarkan warung - warung makan yang bertebaran di penjuru Kota Sate ini. Mulai dari masakan yang sederhana sampai masakan yang harus diolah secara khusus.

Salah satunya adalah Warung Makan Fajar Siang yang berada di kawasan JL.Rekso Diputro Timur atau sebelah barat SMP Negri 2 Blora. Sebuah banner besar bertuliskan nama tersebut sudah  cukup sering saya baca ketika sedang melintas di jalan lingkar kota Blora ini. Melihat suasana jalan yang agak mendung dan gerimis mulai turun makin menguatkan niat saya untuk mampir ke tempat ini.

Warung Makan ini sebenarnya sangat sederhana dalam tampilanya. Dimeja nampak berjajar beberapa piring penuh dengan aneka gorengan dan bungkusan krupuk dan kripik tempe yang disusun rapi..
Pilihan makanan yang beragam, bikin saya bingung. Mulai dari Nasi Pecel, Nasi Rames, Asem – asem jagal, hingga Rawon yang jadi menu andalan warung ini. Udara yang dingin dan juga gerimis yang mulai mengguyur Kota Blora membuat saya ingin menyantap makanan yang berkuah hangat.

Seporsi Nasi Rawon jadi pilihan saya, sedangkan teman saya lebih memilih Asem-asem Jagal. Rawon yang disajikan berkuah hitam kecokelatan dengan taburan bawang goreng yang cukup royal. Semangkuk Rawon terdiri dari 6-7 potong daging sapi. Potongannya cukup besar dengan tekstur daging yang cukup empuk dan gurih. Rasa rempah seperti kluwek yang juga memberi warna agak kehitaman, lada, dan kuah kaldunya menyatu sangat terasa. Saya biasa menambahkan sambal dan juga perasan jeruk nipis untuk memperkuat rasa.Hmm...aroma harum Rawon dari Warung Fajar Siang mulai menggelitik hidung dan bikin lapar.

Saat dicicip benar saja, rasa gurihnya membelai lidah. Kuah rawon dengan jejak lemak berminyak diatasnya menebar harum gurih. Serasi dengan rasa daging sapi dan potongan lemak yang memiliki tekstur kenyil kenyil empuk. Bumbunya meresap hingga ke bagian dalam. Taburan bawang merah goreng dan kecambah menambah lengkap sajian hangat ini.

Seporsi Rawon ini disajikan dalam porsi yang cukup banyak. Jika datang dalam keadaan lapar berat pun hidangan ini sudah cukup mengenyangkan. Apalagi masakan ini dibandrol dengan harga cukup murah dan ditanggung tidak menguras dompet. Kalau Anda tengah lewat di kawasan JL Rekso Diputro Timur, Warung Makan Fajar Siang bisa jadi pilihan anda untuk singgah dan menikmati makan siang. Selamat berwisata kuliner ! (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eggroll Waluh khas Cepu

Materi Diskusi Hukum Tata Negara

PENGGUNAAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI